Pesona Sumatera Selatan "Palembang"

Posted by Unknown on Friday 27 April 2012

Assalamu’alaikum

Kali ini saya ingin posting sedikit tentang gambaran Kota Palembang. Ya, siapa yang tidak tahu tentang kota Palembang? Kota yang berprovinsi di Sumatera Selatan ini merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan serta kota tertua di Indonesia, loh! Saya pribadi sebagai keturunan Palembang yang beradah di desa Sungai Pinang II. Wong kito galo ini adalah julukan untuk wong Palembang asli :)

Palembang merupakan kota dengan sejuta wisata, banyak sekali objek wisata yang dapat anda datangi jika berkunjung ke sini.

Palembang sendiri dipisahkan oleh Sungai Musi, sehingga adanya pembagian daerah yaitu Ulu dan Ilir. Kota ini dijuluki "Venice of The East" karena berada di tepian sungai terpanjang di Sumatera, yaitu Sungai Musi.

Nah, ini dia Objek wisata yang harus anda datangi pertama kalinya jika ke Palembang adalah Jembatan Ampera. Jembatan Ampera sendiri adalah jembatan yang menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisah karena Sungai Musi yang menjadi icon dari Kota Palembang sendiri.
Dahulunya jembatan ini bisa mengangkat bagian tengahnya ke atas apabila ada kapal yang akan lewat, namun karena ada kerusakan, jembatan ampera tak lagi bisa diangkat.  Mengelilingi Sungai Musi juga adalah kegiatan yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Palembang.

Tak jauh dari Jembatan Ampera, ada lagi tempat wisata yang bisa anda kunjungi, yaitu Benteng Kuto Besak. BKB (Benteng Kuto Besak) berawal dari nama sebuah Benteng pertahanan, namun terkadang orang menyebut BKB adalah pelataran di tepi sungai di depan benteng. Benteng ini merupakan satu-satunya benteng di Indonesia yang berdinding batu dan memenuhi syarat perbentengan/pertahanan yang dibangun atas biaya sendiri untuk keperluan pertahanan dari serangan musuh bangsa Eropa dan tidak diberi nama pahlawan Eropa.

Sobat ingin menambah wawasan di bidang sejarah, ohh tenang. Di Kota ini semua lengkap
Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) yang letaknya juga tidak jauh dari Jembatan Ampera dan Masjid Agung. Di dalam bangunan ini terdapat benda-benda peninggalan pada masa penjajahan.

Anda bisa mengunjungi Museum Sultan Mahmud Badaruddin II atau dikenal dengan sebutan SMB II yang letaknya juga berdekatan dengan Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak.

Taman Purbakala Bukit Siguntang. Sesuai namanya, di tempat ini banyak sekali peninggalan jaman dahulu. Karena lahannya yang luas, selain berwisata sejarah, banyak penduduk sekitar datang ke Taman Purbakala Bukit Siguntang ini untuk berjalan-jalan santai di sore hari.




Selain tempa t bersejarah. Sobat juga bisa beribah yang khusuk bagi kaum muslimin di Masjid Agung Sultan Mahmud Badarudin I Palembang letaknya persis di tengah kota, alun-alun kota Palembang. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik, karena merupakan perpaduan Cina dan Eropa. Bentuk atap masjid yang menyerupai kelenteng, sedangkan pintu masuk berbentuk tinggi dan besar khas Eropa.

Pintu Palembang "jembatan Ampera" sudah, wisata sudah, belajar sejarah sudah, apalagi yaa sobat. Ohya Mari kita berbasah-basahan ke Waterboom OPI (OPI Waterfun) Jakabaring.

OPI Waterfun memang masih terbilang baru, mungkin kira-kira baru 1 setengah/2 tahun umurnya. Namun, OPI Waterfun sudah menyedot banyak pengunjung karena memang belum ada waterfun semacam ini di daerah Jakabaring dan sekitarnya.

Wisata air lainnya jatuh di Fantasy Island. Kali ini, tempatnya sedikit lebih jauh dari yang lain (tidak ingat jelas terletak di KM berapa).

Sekarang, mari berwisata ke pulau terkenal di Palembang, Pulau Kemaro! 
Menuju Pulau Kemaro bisa menggunakan jasa penyewaan perahu dari Sungai Musi (saya juga menggunakan jasa ini). Pulau Kemaro akan menjadi sangat ramai ketika waktunya Cap Go Meh, yaitu 15 hari setelah tahun Baru Cina.

My sister pernah ke sini. Tapi, saya sendiri belum pernah. Kapan yaa bisa ke sana ?

Selanjutnya, mari kita berwisata keluarga di Hutan Wisata Punti Kayu. Sejak tahun 1998, Punti Kayu ditetapkan sebagai hutan lindung. 

Di dalam hutan wisata ini terdapat area untuk rekreasi keluarga. Terakhir kali saya berkunjung kesana waktu  saya masi sekolah dasar, terdapat area permainan outbound disana. Nampaknya sekarang, Hutan Wisata Punti Kayu sudah memperbaharui diri untuk kenyamanan rekreasi keluarga :)
Dulu, setiap libur panjang sekolah pasti saya kesini sama temen-temen dan keluarga tentunya. Jadi teringat masa lalu neh.


Nah, Wisata yang satu ini neh yang saya gemari dan sobat harus dikunjungi apabila ke Palembang adalah Pagaralam. bukan Palembang sih tepatnya.

Untuk menuju Pagaralam dibutuhkan waktu kira-kira 8 jam (kurang lebihnya) dari kota Palembang. Di Pagaralam sendiri juga ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di Pagaralam, seperti pabrik teh (untuk berkeliling di dalam pabrik teh harus membuat janji terlebih dahulu) juga air terjun.

Lelah setelah berwisata? Mari santap masakan khas Palembang, pempek! Makanan yang menggunakan dasar utama daging ikan dan sagu ini telah terkenal hingga ke seluruh Indonesia loh! Selain pempek, ada juga  tekwan, model, celimpungan, mie celor, lakso, pindang patin, pindang tulang, kemplang, kue delapan jam, kue srikayo dan masih banyak lagi makanan khas Palembang.

Astafirullah, hampir lupa saya. . 
Kota Palembang juga merupakan tempat penyelenggaraan pesta olahraga se-Asia Tenggara, Sea Games yang ke-26 (11-22 November 2011) loh! Tempat penyelengaraannya berlangsung di Jakabaring Sport City (JSC). Dan selepas penyelenggaraan SEA Games tersebut, kini JSC telah menjadi Objek Wisata.


Ohya, Soal Rumah Adat. Rumah Adat palembang adalah limas.
Rumah tradisional yang berasal dari Sumsel ini memiliki atap yang berbentuk limas, sehingga rumah tradisional Sumatera Selatan ini di namakan dengan Rumah Limas.Dengan ciri khas lantai yang bertingkat tingkat dan bagi masyarakat Sumsel disebut dengan namaBengkilas. Rumah tradisional Limas biasanya hanya dipergunakan untuk acara keluarga seperti hajatan. Tamu yang datang biasanya diterima di bagian teras atau lantai kedua.

Sebenarnya, masih banyak lagi pesona Sumatera Selatan. Khususnya Palembang. Namun, tidak mungkin saya jelaskan semuanya di sini. Bila Sobat ingin tahu lebih lanjut, datanglah ke sini. Bila ingin pemandu wisata anda. Insayaallah saya siap. .








{ 4 Kicauan... read them below or add one }

Sispamuntra said...

woowww.. pesona Sumatera Selatan memang tiada duanya

Techno said...

Sumatera penuh dg pesona. .
Kapankah gw bisa menjelajahi pulau yg satu ini. .
Rasanya tak sabar menantikan hari itu

Hairil said...

gambar makanannya kok makanan khas makassar semua coto,pisang ijo,ikang bakar,konro,mie titi dll

Hairil said...

gambar makanannya kok makanan khas makassar semua??? coto,pisang ijo,ikan bakar,konro,mie titi dll

Post a Comment

Tinggalkan jejak di kolom komentar!
Untuk saling bersilaturahmi...
dan bila ada pertanyaan atau saran harap dituliskan!

Berkomentarlah di blog ini dengan cerdas
* Jangan mencantumkan link contoh: http://xxx

Terima kasih atas kunjungannya :)